Yep, aku sekarang mahasiswi semester 3! Udah setahun aja ngejalanin hari-hari perkuliahan. Masuk semester 3 artinya udah mulai jadi kakak tingkat (cieilah!), harus lebih baik dari semester-semester sebelumnya, harus ini, harus itu, dan ngisi KRS (Kartu Rencana Studi) sendiri. Fyi, di jurusan universitas aku KRS waktu semester 1 dan 2 emang masih dipaketin dari pihak sono alias masih "terima beres" jadwal kuliah. Aku di semester 1 dapet paketan jadwal 20 sks, tinggal duduk di kelas e untuk kelas besar dan kelas j untuk kelas praktikum. Sedangkan waktu semester 2 juga dapet 20 sks dan kelas yang sama, cuma bedanya kita bisa nambah mata kuliah sesuai jatah sks yang didapet dari ip hasil semester 1. Jadi ya mulai semester ini aku sekelas dengan orang-orang yang beda-beda tiap makulnya, untungnya sih kita sejurusan dari awal masuk udah dibina buat akrab jadinya ntar nggak begitu canggung pas di kelas he he he. Ah daku bakalan kangen sekelas sama anak-anak kelas E...


Awal-awal masuk aja udah touring bareng ke pantai dong

 
abis uas semester 1
bukber kelas E


Maka jadilah aku mutusin key-in KRS di Jogja karna ini pertama kalinya nyusun jadwal sendiri dan aku masih pengen sekelas bareng temen-temen deket aku (atau yang lebih enak aku sebut "anak kecil-kecilan). Padahal masih betah banget di rumah hiks, terpaksa balik cepet. Ya walaupun sebenernya selain key-in masih ada tanggung jawab rapat yang mesti dilanjutin. Akhirnya aku balik ke Jogja tanggal 11 dan langsung ngumpul sama temen-temen buat nyusun jadwal. 

Ada sedikit cerita sih waktu baru nyampe Jogja. Abis turun dari pesawat aku jalan cepet udah kayak apaan supaya kebagian trolley, nungguin bagasi lamaa banget kaya orang bego. Orang-orang udah mulai pergi sambil ngebawa koper atau barang-barang masing-masing, sampai nggak ada lagi orang disana, sampai mesin tempat ngambil bagasinya itu berhenti muter, DAN KOPERKU NGGAK ADA! -_- Aku langsung lapor ke petugas bandara, ternyata si koper beneran nggak nyampe di Jogja, dan aku juga baru sadar kunci kos aku ada di dalem sana, APES. Sama mbak petugas aku disuruh pulang dulu, kesel, tapi marah juga buat apa. Akhirnya aku mampir dulu ke tempat temen, sekalian mau bikin jadwal KRS. Sekitar jam 8 malam koper baru nyampe di Jogja, ternyata dia sempet ketinggalan di Jakarta dan alhamdulillah dia nyampe masih dalam keadaan sehat walafiat. Huft.

Balik lagi ke masalah key-in KRS, ternyata emang nyusun jadwal nggak se-simple itu. Kita buat plan A, B, C, sampai pilihan-pilihan yang kemungkinan di ambil kalo misalkan kehabisan kursi. Karna kita bukan mahasiswa yang punya pekerjaan (?) jadinya nyusun jadwal bukan berdasarkan waktunya tapi berdasarkan dosen yang enak buahahah. Berdasarkan pengalaman dan saran-saran dari kakak tingkat akhirnya terbentuklah plan jadwal sedemikian rupa. 

Besoknya key-in di warnet yang agak tersembunyi dan jauh dari kampus. Karna warnet-warnet sekitar kampus udah pasti penuh, sedangkan kita butuh belasan komputer biar bisa key-in bareng di satu tempat. Koneksinya oke dan kita siap berperang di depan PC masing-masing. Key-in dimulai jam 11:30, tapi kita buka unisys beberapa menit sebelum itu, nervousnya sampe bikin mules. Tepat jam key-in, konflik pun terjadi,
"LAH INI KOK JADI LEMOT!!" "KACAU! PLAN KACAU!" "GIMANA INII"
saking frustasinya,
"EH YANG NONTON VIDEO GITUAN MATIIN DULU WOY!!"

Beberapa dari kita tetep tenang dan diem, sementara yang lain termasuk aku heboh nggak peduli sama user yang lain. Aku sendiri setelah sukses log-in dengan kondisi semi panik tanpa sadar udah live report sambil teriak-teriak dari balik bilik, yang disambut oleh teriakan temen-temenku di bilik lain.
"AKU DAPET PPI!!!
"HIDRO TERAPAN MASIH ADA KURSI CEPAAAT! MTK III JUGAAA!!"
"HIDRO II AKU NGGAK DAPEEET!! KALIAN DAPET NGGGAAAAAK???"
"RISKA NISA KALIAN GIMANAAA"
"CUT DOSEN KELAS M NGGAK SAMA KAYAK PLAN"
"TAPI UDAH 0 KURSINYAAA"

Luar biasa heboh, sampe yang tenang pun ikutan teriak buat nyuruh diem. Aku cuma dapet 6 mata kuliah yang sesuai plan, rencana untuk sekelas bareng pun berantakan. Ada yang mertahanin plan, ada yang ngerombak jadwal supaya dapet kelas, ada yang hampir full sks nya, ada yang masih banyak sisa, macem-macem. Masa key-in selama 4 hari kerjaanku cuma mantengin laptop, berharap ada penambahan kuota atau kelas. Ke kampus buat ngajuin nambah kuota, minta tolong himpunan, minta tolong kosema, sampe baru bangun aja langsung krs yang dipikirin -_- Sampe masa key-in selesai aku masih kurang 5 sks lagi, berharap banyak buat masa revisi yang cuma 2 hari. Aku butuh kursi di makul Analisis Tegangan Bahan sama Hidraulika II, dan alhamdulillah ada penambahan kelas buat makul-makul itu. Masa revisi dimulai jam 12, aku revisi sendirian di kosan. Dua kelas itu banyak banget yang ngincer dan itu bikin tegang. Awalnya aku gagal dapet kelas ATB, tapi abis itu kelasnya nambah lagi, dan dengan sedikit ngerombak jadwal akhirnya 24 sks terpenuhi sudah :') 

Dan jeng jeng jeng inilah hasil dari peperangan dengan KRS...

Aku nggak tau di makul mana semua anak kecil-kecilan bisa sekelas. Bisa lengkap sesuai syarat aja udah bersyukur. Yah sekalian berbaur sama anak-anak kelas yang lain juga. Tapi walaupun nggak sekelas, semoga anak kecil-kecilan pertemenannya tetep langgeng sampai kapanpun. Amin.

Btw, selama masa key-in ada pembukaan pendaftaran buat asisten dosen, dan aku ngedaftarin diri lol. Aku daftar hidraulika I sama matematika III, mumpung ada kesempatan ya aku coba aja. Pas test ternyata soalnya susah, mana aku belajarnya nggak maksimal, hahaha yang penting dijadiin pengalaman, kalopun gagal di kesempatan berikutnya aku bakalan nyoba lagi! Yeah, semangat! (?)

H-3 masuk kuliah, semoga aja biar bisa lebih rajin dan lebih baik di semester 3 ini. Pokoknya janji sama diri sendiri lulus tepat waktu dan dapet predikat cumlaude. Fighting Icut! '-')9












Powered by Blogger.